Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis E- Government di Desa Karangsono Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan
DOI:
https://doi.org/10.47134/webofscientist.v1i4.35Keywords:
Pelayanan Publik, E-Government, E-Pak LadiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis inovasi pelayanan administrasi kependudukan berbasis e-government serta mendeskripsikan kendala dalam inovasi pelayanan administrasi kependudukan berbasis e-government di Desa Karangsono. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan, pertama, Desa Karangosono telah mengimplementasikan inovasi pelayanan administrasi kependudukan berbasis e-government melalui E-Pak Ladi dengan menerapkan tingkat persiapan, tingkat pemantapan, tingkat pematangan, dan tingkat pemanfaatan. Tata cara penyerahan dokumen melalui E-Pak Ladi, warga datang ke balai desa, petugas administrasi E-Pak Ladi akan menginput ke Dinas, kemudian Dinas melakukan verifikasi dan menyerahkan permohonan tanda tangan elektronik kepada Kepala Dinas, setelah pemerintah desa mengembalikannya kepada warga. Kedua, kendala dalam pelaksanaan E-Pak Ladi terkait jaringan, sarana dan prasarana, kualitas SDM, dana yang belum turun, dan perbedaan pelaksanaan program antar desa.
References
Al Fawwas A H. (2019). Implementasi Sistem Online Single Submission Dalam Pelayanan Izin Mendirikan Usaha Secara Elektronik Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ngawi, Malang.
Bupati Kabupaten Pasuruan. (2021). Peraturan Bupati Pasuruan Nomor 11 Tahun 2021 Tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Dan Pencatatan Sipil.
Choiriyah, I. U. (2020). Penerapan E-Government Melalui M-Bonk Di Kabupaten Sidoarjo. *Vol. 5, No. 2, Hlm. 126–135, 2020. Doi: 10.26905
Farkhan, M., Samudera, D., & Pertiwi, V. I. (2022). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Jamsostek Mobile (Jmo) (Studi Kasus Di Bpjs Ketenagakerjaan Cabang Rungkut Kota Surabaya). JPAP (Jurnal Penelitian Administrasi Publik), 8(1), 152–172. https://doi.org/10.30996/jpap.v8i1.6617
Herlina. (2018). Pelayanan Pemerintah Desa Pada Bidang Administrasi Kependudukan Di Kantor Desa Perkebunan Bekiun Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat, Medan, Jul.
Kamal, M., Purwatiningsih, A., & Widi Lestari, A. (2021). Kebijakan Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Dalam Mewujudkan Good Governance Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasuruan. Jurnal Reformasi, 11(1), 77–85. https://doi.org/10.33366/rfr.v11i1.2071
Kartika, D. F., & Oktariyanda, T. A. (2022). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Poedak (Pelayanan Online Pendaftaran Adminisitrasi Kependudukan) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik. Publika (Jurnal Ilmu Administrasi Negara), 10(1), 245–260. https://doi.org/10.26740/publika.v10n1.p245-260
Lestari, P. A., et al. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Digital (E-Government) Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Administrasi, 18(2), 212–224. https://doi.org/10.31113/jia.v18i2.808
Mursyidah, L., & Nurfajriyah, I. (2017). Kualitas Pelayanan Kesehatan Di RSUD Kabupaten Sidoarjo. JKMP (Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik), 5(1), 109–124. https://doi.org/10.21070/jkmp.v5i1.1322
Rama, S. O., & Ramadhan, A. (2012). Pelaksanaan Sistem Online Pada Pelayanan Perizinan Melalui E-Governance Yang Berbasis Aplikasi (Studi Kasus Aplikasi Gampil Dan Hayu Bandung Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung), Universitas Katolik Parahyangan, Bandung.
Sahariyah, N. (2019). Pelayanan Publik Berbasis Daring (Implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Jombang), Surabaya.
Savinatunazah, V. (2019). Efektivitas Pelayanan Perizinan Berbasis Online Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 6(2), 70–77. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v6i2.2276
Silalahi, U. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.
Soesetyo Kasiyanto, A. B. (2013). Kebijakan Sistem Pemerintahan E-Government Di Kabupaten Tulungagung. JKMP ( Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik ), 1(1), 1–20. https://doi.org/10.21070/jkmp.v1i1.423
UU RI. (2013). Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan, Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.
Viona, J. (2022). Government (Studi Kasus: Kendala Pemerintah Kota Padang Dalam Penerapan E-Government) Transformation Of Government Management Based On E-Government (Case Study: Padang City Government Constraints In The Implementation Of E-Government). Jurnal Suara Politik, 1(1), 22–28. Available: [link]
Website Kabupaten Pasuruan. (2022). Dispenduk Capil Kabupaten Pasuruan Targetkan Kios E-Pak Ladi Terlayani Di 365 Desa/Kelurahan.
Website Kecamatan Sukorejo. (2020). Gelar Uji Coba ‘E-Kios Pak Ladi’ Secara Daring Di Kantor Kec. Sukorejo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurul Khikmawati, Lailul Mursyidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.