Implementasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoajo (SIPRAJA) di Desa Tambaksumur, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo

Authors

  • Ria Hanifah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ilmi Usrotin Choiriyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/webofscientist.v1i3.38

Keywords:

Implementasi, Pelayanan Publik, SIPRAJA

Abstract

Kabupaten Sidoarjo berupaya memberikan perubahan dengan menerapkan electronic government pada setiap penyelenggara pelayan publik. Implementasi electronic government di Kabupaten Sidaorjo diwujudkan dalam implementasi Sistem Pelayanan rakyat Sidoarjo (SIPRAJA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis impelementasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SIPRAJA) di Desa Tambaksumur Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. sumber data diperoleh dari wawancara, observasi, dokumentasi dan studi literatur. Informan pada penelitian ini antara lain Kepala Desa tambaksumur, Kasi Pelayanan Desa Tambaksumur, serta masyarakat Desa tambaksumur yang menggunakan SIPRAJA. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa impelementasi Sistem pelayanan Rakyat Sidoarjo (SIPRAJA) di Desa Tambaksumur Kecamatan waru Kabupaten Sidoarjo terdapat  4 (empat) variabel yaitu; a) komunikasi, sosilaisasi yang dilakukan melalui media elektronik seperti whatsapp group, whatsapp story maupun secara langsung melalui sosialisasi kepada masyarakat; b) sumber daya, jumlah staf yang ada sat ini sudah memadai untuk pelayanan SIPRAJA, Desa Tambaksumur menyiapkan anggaran khusus untuk pelayanan SIPRAJA, tidak adanya komputer untuk pelayanan mandiri masyarakat di Balai Desa Tambaksumur; c) disposisi, sikap dan respon yang diberikan oleh staf pelayanan SIPRAJA kepada masyarakat telah sesuai dengan diharapkan, terutama pada masyarakat yang belum memahami maka akan diberi penjelasan oleh staf pelayan tersebut; d) struktur birokrasi, terdapat standar operasional prosedur yang jelas dan harus dipatuhi serta pembagian tanggungjawab yang harus dijalankan dengan baik.

References

Administrator. (2020, Maret 23). Kabupaten Sidoarjo. [Online]. Available: https://www.sidoarjokab.go.id/sipraja-sistem-pelayanan-sidoarjo. [Diakses 20 Desember 2021].

Febriani, A. L., & Prabawati, I. (2021). Analisis Penerapan E-Performance Di Surabaya. Publika, 9.

Harany, L. I., Muchsin, S., & Abidin, A. Z. (2013). Implementasi Pelayanan Publik Melalui Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Dinoyo (Studi Pada Kantor Kelurahan Dinoyo di Kota Malang). Jurnal Respon Publik, XIII, 95-100.

Indrajit, R. E. (2016). Konsep dan Strategi Electronic Government.

LaTarifu. (2020). Implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Dalam Pelayanan Kartu Tanda Penduduk pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Kendari. Journal Publicuho, 233-246.

Musaddad, A. A., Ahzani, W. F., Susilowati, M., & Arif, L. (2020). Implementasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SIPRAJA) Sebagai Inovasi Pelayanan Publik. Jurnal Syntax Transformation, 206-213.

Ombudsman Republik Indonesia. (2020). Laporan Tahunan 2020 "Mengawal Pelayanan Publik di Masa Pandemi Covid-19". Jakarta.

Peraturan Bupati Sidoarjo Nomor 22 tahun 2019 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Konfirmasi Status Pajak.

Peraturan Bupati Sidoarjo Nomor 46 tahun 2018 Tentang Tata Kelola teknologi Informasi dan Komunikasi Menuju Smart City di Kabupaten Sidoarjo.

Purba, J. F., Tarigan, U., Nasution, I., & Suharyanto, A. (2019). Implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan dalam Kepengurusan Kartu Tanda Penduduk Elektronik. Perspektif, VIII, 77-83.

Subarsono, A. (2012). Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suldana, M., & Huberman, A. (2014). Qualitative Data Analysis. America: Sage Publications.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Winartha, I. M. (2006). Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi dan Tesis. Yogyakarta.

Bauchner, H. (2020). A Bold Response to the COVID-19 Pandemic: Medical Students, National Service, and Public Health. JAMA - Journal of the American Medical Association, 323(18), 1790–1791. https://doi.org/10.1001/jama.2020.6166

Chen, J. (2020). Public service innovation: a typology. Public Management Review, 22(11), 1674–1695. https://doi.org/10.1080/14719037.2019.1645874

Engen, M. (2021). Continuing the development of the public service logic: a study of value co-destruction in public services. Public Management Review, 23(6), 886–905. https://doi.org/10.1080/14719037.2020.1720354

Grönroos, C. (2019). Reforming public services: does service logic have anything to offer? Public Management Review, 21(5), 775–788. https://doi.org/10.1080/14719037.2018.1529879

Gutiérrez, A. (2021). COVID-19 and urban public transport services: emerging challenges and research agenda. Cities and Health, 5. https://doi.org/10.1080/23748834.2020.1804291

Ho, C. Q. (2020). Public preferences for mobility as a service: Insights from stated preference surveys. Transportation Research Part A: Policy and Practice, 131, 70–90. https://doi.org/10.1016/j.tra.2019.09.031

Indonesia, O. R. (2020). Laporan Tahunan 2020 “Mengawal Pelayanan Publik di Masa Pandemi Covid-19.”

Jones, B. (2019). Public Service Chatbots: Automating Conversation with BBC News. Digital Journalism, 7(8), 1032–1053. https://doi.org/10.1080/21670811.2019.1609371

Khan, I. (2019). Water resource management and public preferences for water ecosystem services: A choice experiment approach for inland river basin management. Science of the Total Environment, 646, 821–831. https://doi.org/10.1016/j.scitotenv.2018.07.339

Lapuente, V. (2020). The effects of new public management on the quality of public services. Governance, 33(3), 461–475. https://doi.org/10.1111/gove.12502

Lei, K. (2020). Groupchain: Towards a Scalable Public Blockchain in Fog Computing of IoT Services Computing. IEEE Transactions on Services Computing, 13(2), 252–262. https://doi.org/10.1109/TSC.2019.2949801

Osborne, S. P. (2021). Beyond co-production: Value creation and public services. Public Administration, 99(4), 641–657. https://doi.org/10.1111/padm.12718

Peraturan Bupati Sidoarjo Nomor 22 tahun 2019 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Konfirmasi Status Pajak. (n.d.).

Petrescu, M. (2019). From marketing to public value: towards a theory of public service ecosystems. Public Management Review, 21(11), 1733–1752. https://doi.org/10.1080/14719037.2019.1619811

Powell, M. (2019). Sustainability in social enterprise: hybrid organizing in public services. Public Management Review, 21(2), 159–186. https://doi.org/10.1080/14719037.2018.1438504

Smith, G. (2019). Public–private innovation: barriers in the case of mobility as a service in West Sweden. Public Management Review, 21(1), 116–137. https://doi.org/10.1080/14719037.2018.1462399

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah. (n.d.).

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. (n.d.).

Administrator. (2021, November 19). Kabupaten Sidoarjo. [Online]. Available: https://www.sidoarjokab.go.id/masuk-top-30-inovasi-sipraja-sidoarjo-bakal-direplikasi-ke-seluruh-jatim. [Diakses 13 Januari 2022].

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Hanifah, R. ., & Choiriyah, I. U. (2024). Implementasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoajo (SIPRAJA) di Desa Tambaksumur, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. Web of Scientist: International Scientific Research Journal (WoS), 1(3), 18. https://doi.org/10.47134/webofscientist.v1i3.38

Issue

Section

Articles