Implementasi Kebijakan Sistem PPDB SMP Negeri 1 Tulangan Kabupaten Sidoarjo

Authors

  • Firda Amalia Zumrudah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Hendra Sukman Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/webofscientist.v2i1.30

Keywords:

Implementasi, Kebijakan Publik, PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan mengimplementasi kebijakan sistem PPDB SMP Negeri 1 Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Di SMP Negeri 1 Tulangan Kabupaten Sidoarjo dalam sistem PPDB menggunakan 4 jalur (zonasi, prestasi, afirmasi dan perpindahan tugas orangtua). Metode penelitian ini menggunakan Kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, Observasi lapangan dan dokumentasi. Informan penelitian antara lain Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan dan ketua panitia PPDB, Waka Kurikulum dan Walimurid SMP Negeri 1 Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah tipe analisis kualitatif mengacu pada teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Kebijakan sistem PPDB Di SMPiNegeri 1 Tulangan Kabupaten Sidoarjo terimplementasi sebagaimana mestinya yaitu: 1) Implementasi kebijakan sistem PPDB ditinjau dari jenisnya dapat dikatakan sesuai dengan kondisi dilapangan,sebagai berikut : a)Komunikasi, sistem PPDB berjalan sesuai prosedur Peraturan dari Pemerintah pusat maupun Pemerintah daerah dan juga Dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupatem Sidoarjo. b) Sumberdaya yang telah disiapkan dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan pendaftaran PPDB. c) Disposisi, dalam Implementasi kebijakan upaya menghilangkan deskriminasi pendidikanisehingga kualitas pendidikan mampu disama ratakan, sudah dilaksankan oleh pihak pelaksana secara umum sudah baik. d) Struktur Birokrasi, dikomunikasikan dan dikooordinasikan dengan baik, mulai sosialisasi, persiapan, pelaksanaan, pengawasan dan pelaporan hasil akhir PPDB yang akan dilaporkan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. 2) Kendala Implementasi Kebijakan sistem PPDB SMP Negeri 1 Tulangan Kabupaten Sidoarjo dalam mengatasi masalah pendaftaran dan penerimaan PPDB dalam mengatasi permasalahan yang ada di implementasi KebijakaniSistem PPDB SMP Negeri 1 Tulangan Kabupaten Sidoarjo. a) Orangtua kurang memahami pendaftaran PPDB dengan menggunakan 4 Jalur. b) Kecamatan Tulangan Terdapat satu SMP Negeri sehingga menyebabkan SMP di Kabupaten kurang merata.

References

Antari, I. (2019). Classification method at acceptance of new student at public university on the national written test. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 546(5). https://doi.org/10.1088/1757-899X/546/5/052009

Arifin, A. (2000). Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar Ringkas. PT. Raja Grafindo Persada.

Barnes, M. E. (2021). A new measure of students’ perceived conflict between evolution and religion (PCoRE) is a stronger predictor of evolution acceptance than understanding or religiosity. CBE Life Sciences Education, 20(3). https://doi.org/10.1187/cbe.21-02-0024

Bhakti, D. D. (2019). The development of ppdb (admission of new students) application to develop the quality of new students’ recapitulation administration in vocational high school bumi cikajang. Journal of Physics: Conference Series, 1280(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/3/032041

Bravo, L. G. (2020). Psychometric analysis of a measure of acceptance of new technologies (UTAUT), applied to the use of haptic virtual simulators in dental students. European Journal of Dental Education, 24(4), 706–714. https://doi.org/10.1111/eje.12559

Edward, G. C. (1980). Implementing Public Policy. Congressional Quarterly Inc.

Edy Winarno S.T., M. Eng. A. Z. dan S. C. (2014). 3 in 1: Javascript, jQuery, dan jQuery Mobile. PT Elex Media Komputindo.

Hudin, J. M. (2019). Measuring Quality of Information System Through Delone Mclean Model in Online Information System of New Student Registration (SISFO PPDB). 2018 6th International Conference on Cyber and IT Service Management, CITSM 2018. https://doi.org/10.1109/CITSM.2018.8674310

Indiahono, D. (2009). Kebijakan Publik Berbasis Dynamic Policy Analysis. Gava Media.

Madariaga-Mazón, A. (2019). Distribution of toxicity values across different species and modes of action of pesticides from PESTIMEP and PPDB databases. Toxicology Research, 8(2), 146–156. https://doi.org/10.1039/c8tx00322j

Mursyidah, L. (2021). PPDB Online As Innovation of Education Services. Journal of Physics: Conference Series, 1764(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012074

Novelia, D. P. S. (2020). On the modeling of the new student acceptance status through science and technology written test using bernoulli mixture model. Journal of Physics: Conference Series, 1538(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1538/1/012062

Peraturan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud) Nomor 1 tahun 2021. (n.d.).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 1 tahun 2021. (n.d.).

Peraturan Pemerintah RI Nomor 17 Tahun 2010 Pasal 82 ayat 1. (n.d.).

Qattous, H. (2022). Examination of students’ acceptance and intention to use a New LMS during COVID-19 pandemic. International Journal of Data and Network Science, 6(4), 1485–1500. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.5.003

Ramantokoa, G. (2019). Investigating the role of gender and education in de lone and mclean’s model: Case of PPDB Bandung City. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 11(5), 909–917.

Saryono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Aslfabeta.

Shaw, T. A. (2020). Piloting a New Model for Treating Music Performance Anxiety: Training a Singing Teacher to Use Acceptance and Commitment Coaching With a Student. Frontiers in Psychology, 11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.00882

Silitonga, P. (2020). Forecasting acceptance of new students using double exponential smoothing method. Journal of Critical Reviews, 7(1), 300–305. https://doi.org/10.31838/jcr.07.01.57

Tobarra, L. (2020). Students’ acceptance and tracking of a new container-based virtual laboratory. Applied Sciences (Switzerland), 10(3). https://doi.org/10.3390/app10031091

Undang-Undang Dasar pasal 31 ayat 1. (n.d.).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 11 ayat 1. (n.d.).

Uska, M. Z. (2020). The application of Usability Testing Method for Evaluating the New Student Acceptance (NSA) System. Journal of Physics: Conference Series, 1539(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1539/1/012028

Widiartha, I. B. K. (2023). Measuring and analyzing students’ acceptance toward a new learning framework a case in Indonesia using extension of technology acceptance model. AIP Conference Proceedings, 2609. https://doi.org/10.1063/5.0135028

Widodo, J. (2010). Analisis Kebijakan Publik. Bayumedia.

Xiao, S. (2021). An Empirical Study of Students’ Satisfaction and Acceptance of a New English Course in Primary Schools Based on the Internet. Proceedings - 2021 International Conference on Internet, Education and Information Technology, IEIT 2021, 436–439. https://doi.org/10.1109/IEIT53597.2021.00103

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Zumrudah, F. A. ., & Sukman, H. (2024). Implementasi Kebijakan Sistem PPDB SMP Negeri 1 Tulangan Kabupaten Sidoarjo . Web of Scientist International Scientific Research Journal, 2(1), 14. https://doi.org/10.47134/webofscientist.v2i1.30

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.