Penerapan Prinsip-prinsip Good Governance dalam Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan Berbasis Elektronik dengan Studi Kasus di DPMPTSP Kabupaten Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.47134/webofscientist.v2i2.24Keywords:
Perizinan, IMB, Good GovernanceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan penerapan prinsip-prinsip good governance yang dilakukan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sidoarjo dalam pelayanan Izin Mendirikan Bangunan berbasis elektronik. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, teknik penentuan informan yang digunakan yaitu purposive sampling. Jenis data yang diperoleh yaitu data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis data Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini diperoleh meliputi pertama pada prinsip responsif, dimana semua yang dilakukan oleh pegawai layanan sudah sesuai dengan standar pelayanan, selain itu pengaduan yang masuk juga akan direspon oleh petugas sesuai dengan prosedur pengaduan yang ada. Kedua pada prinsip efisiensi dan efektivitas, dalam penerapannya sudah memenuhi beberapa kriteria yang terdapat dalam prinsip efisiensi dan efektivitas walaupun belum sepenuhnya dapat terlaksana. Kriteria tersebut seperti adanya kepastian waktu dalam pelayanan dan biaya retribusi yang harus dikeluarkan.
References
Bano, M. (2019). Partnerships and the Good-Governance Agenda: Improving Service Delivery Through State–NGO Collaborations. Voluntas, 30(6), 1270–1283. https://doi.org/10.1007/s11266-017-9937-y
Bennett, N. J. (2019). Local support for conservation is associated with perceptions of good governance, social impacts, and ecological effectiveness. Conservation Letters, 12(4). https://doi.org/10.1111/conl.12640
Biadgilign, S. (2019). Good governance, public health expenditures, urbanization and child undernutrition Nexus in Ethiopia: An ecological analysis. BMC Health Services Research, 19(1). https://doi.org/10.1186/s12913-018-3822-2
Biswas, R. (2019). A good-governance framework for urban management. Journal of Urban Management, 8(2), 225–236. https://doi.org/10.1016/j.jum.2018.12.009
Detotto, C. (2021). Does good governance attract tourists? Tourism Management, 82. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2020.104155
DPMPTSP Kabupaten Sidoarjo. (2021). Standart Pelayanan Publik. Sidoarjo: DPMPTSP Kabupaten Sidoarjo.
Dwiyanto, A. (2017). Mewukudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. YOGYAKARTA: UGM Press.
Fatchuriza, M., & Prasojo, T. A. (2021). Sistem Penanganan Pengaduan Berbasis E-Government pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kendal. As Siyasah, 6(1), 45-53.
Firdausijah, R. T., & Priatna, A. (2020). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 11(2), 113-119.
Haris, S. (2019). Governance: Perubahan Paradigma Pada Penyelenggaraan Pemerintahan, 8(1), 33-47.
Indonesia. (2009). Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Jakarta.
Irtanto. (2020). Kinerja Birokrasi Pelayanan Sektor Publik: Perspektif Perkembangan Teori. Jurnal Litbang Kebijakan, 14(2), 153-171.
KURNIA, P. (2020). Carbon Emission Disclosure, Good Corporate Governance, Financial Performance, and Firm Value. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(12), 223–231. https://doi.org/10.13106/JAFEB.2020.VOL7.NO12.223
Lembaga Administrasi Negara dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan. (2000). Akuntabilitas dan Good Governance. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara, pp. 1-52.
Lestari, R. A., & Santoso, S. A. (2022). Pelayanan Publik dalam Good Governance. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2(1), 43-55.
Liao, J. (2019). A good neighbor of bad governance? China’s energy and mining development in southeast asia. Journal of Contemporary China, 28(118), 575–591. https://doi.org/10.1080/10670564.2018.1557947
Makrickiene, E. (2019). From command-and-control to good forest governance: A critical interpretive analysis of Lithuania and Slovakia. Forest Policy and Economics, 109. https://doi.org/10.1016/j.forpol.2019.102024
Mulyadi, & Romdana. (2018). ANALISIS PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE (Studi di Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi Bengkulu), 7(2), 14-19.
Ombdusman RI Indonesia. (2020). Laporan Triwulan II 2020. Jakarta Selatan: Ombdusman RI.
Pertiwi, G. S., & Azis, A. M. (2022). Optimalisasi Prosedur Pelayanan Publik dengan Perancangan E-Government. Jurnal Manajemen Maranatha, 21(2), 145-154.
Pomeranz, E. F. (2020). Measuring good governance: piloting an instrument for evaluating good governance principles. Journal of Environmental Policy and Planning, 22(3), 428–440. https://doi.org/10.1080/1523908X.2020.1753181
Rachmayanti, S. D., Susanto, S. N. H., & Suhartoyo. (2022). Penerapan Prinsip Efisiensi dan Efektivitas Dalam Pendaftaran Penduduk Melalui Website Sintern Sebagai Perwujudan Prinsip Good Governance. Administrative Law & Governance Journal, 5(1), 75-89.
Seyedsayamdost, E. (2020). From Good Governance to Governance for Good: Blockchain for Social Impact. Journal of International Development, 32(6), 943–960. https://doi.org/10.1002/jid.3485
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yudi Rusfiana, C. S. (2021). Memahami Birokrasi Pemerintahan dan Perkembangan. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anisa Sulistyowati, Isnaini Rodiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.