Efektivitas Elektronik Kinerja (e-Kinerja) pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.47134/webofscientist.v1i3.40Keywords:
efektivitas, e-Government, Elektronik Kinerja, kinerjaAbstract
Penulisan ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan efektivitas dari aplikasi Elektronik Kinerja (e-Kinerja) pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo. Penulisan ini menggunakan jenis penulisan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan sumber data, dengan teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan mengunakan teori Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penulisan efektivitas aplikasi Elektronik Kinerja (e-Kinerja) Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sidoarjo yang dianalisis menggunakan teori Richard M. Steers dalam Tangkilisan (2005) menunjukkan bahwa yaitu pada indikator Pencapaian Tujuan, masih belum memenuhi faktor sasaran dimanan terdapat data-data yang masih belum akurat sesuai dengan data yang tertuang dalam Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian. Pada indikator integrasi, sosialisasi masih dilakukan secara bertahap dan berkala. Pada indikator adaptasi, sarana dan prasarana serta kemampuan petugas pelaksansa sudah mumpuni sesuai dengan standar kebutuhan.
References
Abdullah, M. R. (2014). Manajemen Dan Evaluasi Kinerja Karyawan.
Alghatam, N. H. (2021). E-government through the lens of trading zones: A case of e-government implementation in Dubai. Electronic Journal of Information Systems in Developing Countries, 87(2). https://doi.org/10.1002/isd2.12156
Al-Mushayt, O. S. (2019). Automating E-Government Services with Artificial Intelligence. IEEE Access, 7, 146821–146829. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2019.2946204
Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo. (2021). "Laporan Kinerja Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) Tahun 2021".
Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo. (2022). "Tutorial Aplikasi e-Kinerja Tahun 2022".
Badan Kepegawaian Negara. (2021). "Reformasi Birokrasi Tanggung Jawab Bersama, Mulai Dari Pimpinan Hingga Pegawai".
Bakunzibake, P. (2019). E-government implementation and monitoring: The case of Rwanda’s ‘one-stop’ E-government. Electronic Journal of Information Systems in Developing Countries, 85(5). https://doi.org/10.1002/isd2.12086
Bintoro, D., & Daryanto, D. (2017). Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Gava Media.
Chen, Y. C. (2019). Cross-boundary e-government systems: Determinants of performance. Government Information Quarterly, 36(3), 449–459. https://doi.org/10.1016/j.giq.2019.02.001
Dessler, G. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.
Fauzi, M. L. (2015). “Transformasi DP3 Menjadi SKP”.
Hasibuan, M. S. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi, Cetakan Ke Tujuh. Jakarta: Bumi Aksara.
Jarwati, S. H., Djumali. (2016). “Analisis Penilaian Sistem e-Kinerja, Komunikasi Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara Pada Badan Perencanaan Pengembangan Dan Penulisan Daerah Kota Surakarta.” Naskah Publikasi Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Universitas Islam Batik Surakarta.
Landívar, G. V. (2019). Analysis of e-government strategy implementation in Ecuador. Communications in Computer and Information Science, 895, 697–706. https://doi.org/10.1007/978-3-030-05532-5_53
Lembong, R. C., & Madjid, U. (2021). “Efektivitas Penerapan e-Kinerja Dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Sipil Negara Pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Utara.” Jurnal Ilmu Pemerintahan Suara Khatulistiwa, 6(2), 131-139.
Li, Y. (2020). Service quality, perceived value, and citizens’ continuous-use intention regarding e-government: Empirical evidence from China. Information and Management, 57(3). https://doi.org/10.1016/j.im.2019.103197
MacLean, D. (2022). A Systematic Literature Review of Empirical Research on the Impacts of e-Government: A Public Value Perspective. Public Administration Review, 82(1), 23–38. https://doi.org/10.1111/puar.13413
Malodia, S. (2021). Future of e-Government: An integrated conceptual framework. Technological Forecasting and Social Change, 173. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2021.121102
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Pérez-Morote, R. (2020). The effects of e-government evaluation, trust and the digital divide in the levels of e-government use in European countries. Technological Forecasting and Social Change, 154. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2020.119973
Prawirosentono, S. (1999). Manajemen Sumber Daya Manusia: Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE.
Puspitasari, N. (2021). Microservice API Implementation for E-Government Service Interoperability. Journal of Physics: Conference Series, 1807(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1807/1/012005
Richardus, E. I. (2002). Electronic Government: Strategi Pembangunan dan Pengembangan System Pelayanan Public Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Rukmana, I., Rahmawati, R., & Salbiah, E. (2020). “Efektivitas Penilaian Kinerja Berbasis e-Kinerja di Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian.” Jurnal Governansi, 6(1), 51-56.
Saleh, M. A. (2022). “Efektivitas Penggunaan Aplikasi e-Kinerja Dalam Meningkatkan Disiplin Dan Kinerja Pegawai Di Badan Kepegawaian Pendidikan Dan Pelatihan (BKPP) Kota Gorontalo.” PhD diss., IPDN.
Savira, A. (2019). “Efektivitas Penerapan e-Kinerja Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya.” PhD diss., Universitas Brawijaya.
Sisi Wahyuni. (2020). “Pengaruh Penerapan e-Kinerja dan Integritas Terhadap Kinerja Pegawai.” JESS, 4(2), 153-164.
Steers, R. M. (1999). Efektivitas Organisasional. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2014). Metode Penulisan Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno. (2018). “Peningkatan Kinerja Melalui Sistem Manajemen Kinerja.” Jurnal Swara Patra, 8(1).
Valle-Cruz, D. (2019). Public value of e-government services through emerging technologies. International Journal of Public Sector Management, 32(5), 473–488. https://doi.org/10.1108/IJPSM-03-2018-0072
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Silvi Qothrun Nada, Lailul Mursyidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.