Strategi Presentasi Diri Ganjar Pranowo melalui Media Sosial Instagram @ganjar_pranowo
DOI:
https://doi.org/10.47134/webofscientist.v1i4.33Keywords:
strategi presentasi diri, impression management, media sosial, instagramAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas strategi presemtasi diri ganjar pranowo melalui media sosial instagram @ganjar_pranowo. Subjek penelitian adalah akun instagram Ganjar Pranowo yaitu @ganjar_pranowo. Objek penelitian berfokus kepada postingan Ganjar Pranowo. Alat analisis yang digunakan adalah teknik validitas data berupa triangulasi teori. Hasil penelitian bahwa melalui akun intagram Ganjar Pranowo (@ganjar_pranowo) menggunakan strategi impression management yaitu ingratiation (supaya disenangi), intimidation (strategi intimidasi agar disegani), self-promotion (strategi promosi diri agar dipercaya atas kemampuannya), exemplification (strategi mencontohkan diri agar terlihat mulia). Ganjar Pranowo tidak menggunakan strategi supplication. Alasan tersebut digunakan karena jika menggunakannya strategi supplification Ganjar Pranowo akan nampak seperti gubernur yang tidak mampu mengemban tugasnya dan berdampak negatif terhadap performanya dibenak masyarakat, maka tentunya strategi tersebut dihindari untuk memberikan kesan baik di benak publik.
References
Top of Form
Adrissa & Bahri. (2021). Strategi Impression Management Laman Kedutaan Besar Jepang di Indonesia Selama Pandemi covid-19. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(5), 597–611.
Adrissa, & Bahri. (2021). "Strategi Impression Management Laman Kedutaan Besar Jepang di Indonesia Selama Pandemi covid-19." Cerdika J. Ilm. Indones., 1(5), 597–611. [Online]. Available: http://cerdika.publikasiindonesia.id/index.php/cerdika/article/view/88
Ai, W. (2022). Reconsidering autistic ‘camouflaging’ as transactional impression management. Trends in Cognitive Sciences, 26(8), 631–645. https://doi.org/10.1016/j.tics.2022.05.002
Astiani. (2017). "Instagram Sebagai Alat Presentasi Diri Mahasiswa (Studi Deskriptif Kualitatif Penggunaan Filter Foto dalam Instagram pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Angkatan 2014 Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)." No. 8.5.2017.
Cole, B. M. (2019). A Model of Competitive Impression Management: Edison versus Westinghouse in the War of the Currents. Administrative Science Quarterly, 64(4), 1020–1063. https://doi.org/10.1177/0001839218821439
Fachruddin. (2012). Dasar-Dasar Produksi Televisi, 151.
García-Sánchez, I. M. (2019). Female directors and impression management in sustainability reporting. International Business Review, 28(2), 359–374. https://doi.org/10.1016/j.ibusrev.2018.10.007
Goldwin, E., Priyowidodo, G., & Yogatama, A. (2019). "Strategi Impression Management Sandiaga pada Kampanye Pilpres 2019 melalui Akun Instagram @sandiuno." J. e-Komunikasi, 7(2), 1–13. [Online]. Available: https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/download/10004/8960
Goldwin, E., Priyowidodo, G., & Yogatama, A. (2019). Strategi Impression Management Sandiaga pada Kampanye Pilpres 2019 melalui Akun Instagram @sandiuno. Jurnal E-Komunikasi, 7(2), 1–13.
Harris, K., Zivnuska, S., Kacmar, K. M., & Shaw, J. D. (2007). "The impact of political skill on impression management effectiveness." Journal of Applied Psychology, 92(1), 278–285. doi: 10.1037/0021-9010.92.1.278.
Harris, K., Zivnuska, S., Kacmar, K. M., & Shaw, J. D. (2007). The impact of political skill on impression management effectiveness. Journal of Applied Psychology, 92(1), 278–285. https://doi.org/10.1037/0021-9010.92.1.278
Islam. (2018). "Impression Management Pejabat Publik Dalam Media Sosial." Ilmu Komunikasi Fak. Komunikasi dan Informasi, 10(1), 1–30. [Online]. Available: https://doi.org/10.1103/PhysRevB.101.089902%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.nantod.2015.04.009%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-018-05514-9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-019-13856-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-020-14365-2%0Ahttp://dx.doi.org/1
Islam. (2018). IMPRESSION MANAGEMENT PEJABAT PUBLIK DALAM MEDIA SOSIAL. Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi Dan Informatika, 10(1), 1–30.
Juniarti. (2018). "Strategi Joko Widodo Membentuk Manajemen Kesan Di Instagram Menjelang Pilpres 2019." Interak. J. Ilmu Komun., 7(2), 116–132. doi: 10.14710/interaksi.7.2.116-132.
Juniarti. (2018). Strategi Joko Widodo Membentuk Manajemen Kesan Di Instagram Menjelang Pilpres 2019. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 116–132. https://doi.org/10.14710/interaksi.7.2.116-132
Kanbaty, M. (2020). Infographics in corporate sustainability reports: Providing useful information or used for impression management? Journal of Behavioral and Experimental Finance, 26. https://doi.org/10.1016/j.jbef.2020.100309
Khosiah. (2017). "Persepsi Masyarakat Terhadap Rencana Pemerintah Membuka Area Pertambangan Emas di Desa Sumi Kecamatan Lambu Kabupaten Bima." 6(2), 5–9.
Kibler, E. (2021). Post-failure impression management: A typology of entrepreneurs’ public narratives after business closure. Human Relations, 74(2), 286–318. https://doi.org/10.1177/0018726719899465
Leary, M. R. (2019). Self-presentation: Impression management and interpersonal behavior. Self-Presentation: Impression Management and Interpersonal Behavior, 1–246. https://doi.org/10.4324/9780429497384
Lee, G. (2020). Celebrity CEO, identity threat, and impression management: Impact of celebrity status on corporate social responsibility. Journal of Business Research, 111, 69–84. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.01.015
Molecke, G. (2020). Justifying Social Impact as a Form of Impression Management: Legitimacy Judgements of Social Enterprises’ Impact Accounts. British Journal of Management, 31(2), 387–402. https://doi.org/10.1111/1467-8551.12397
Permata. (2017). "Instagram Dan Presentasi Diri (Analisis KuantitatifHubungan Penggunaan Media Sosial Instagram Dengan Presentasi Diri Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNTIRTA Angkatan 2013-2015)." ILMU Komunikasi, 1–139.
Permata. (2017). Instagramdan Presentasi Diri (Analisis KuantitatifHubungan Penggunaan Media Sosial Instagram Dengan Presentasi Diri Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNTIRTA Angkatan 2013-2015). ILMU KOMUNIKASI, 1–139.
Pradana. (2018). "Presentasi Diri Pada Jamaah Ahmadiyah Jawa Timur Pasca Dikeluarkannya Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur No 188/94/Kpts/013/2011 Tentang Pelarangan Terhadap Aktifitas Jamaah Ahmadiyah Di Jawa Timur." Psikol. Dan Kesehat., 1–99.
Rahayu. (2018). "Panggung Depan Dalam Tampilan Instagram (Suatu Analisis Teori Dramaturgi)." ILMU Sos. DAN ILMU Polit., 1(3), 1–109.
Rahayu. (2018). Panggung Depan Dalam Tampilan Instagram (Suatu Analisis Teori Dramaturgi). ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, 1(3), 1–109.
Rizki, D. A. N. (2020). "Visualisasi Data Sentimen Terhadap Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat Di Jabar Digital Service." Other thesis.
Satrio. (2017). "Taktik Impression Management Sandiaga Uno Melalui Akun Instagram @Sandiuno (Studi Analisis Isi Taktik Impression Management Sandiaga Uno Melalui Akun Instagram @sandiuno Periode 21 Agustus 2016 – 21 Oktober 2016 Untuk Maju di Pilkada DKI Jakarta 2017)." Angew. Chemie Int. Ed., 6(11), 951–952, 2013–2015.
Satrio. (2017). Taktik Impression Management Sandiaga Uno Melalui Akun Instagram @SANDIUNO (Studi Analisis Isi Taktik Impression Management Sandiaga Uno Melalui Akun Instagram @sandiuno Periode 21 Agustus 2016 – 21 Oktober 2016 Untuk Maju di Pilkada DKI Jakarta 2017). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.
Strömbäck & Kiousis. (2013). Political Public Relations: Old Practice, New Theory-Building. Public Relations Journal, 7(4), 1–13.
Strömbäck, J., & Kiousis, S. (2013). "Political Public Relations: Old Practice, New Theory-Building." Public Relations Journal, 7(4), 1–13.
Tung, V. W. S. (2021). Host-guest relations and destination image: compensatory effects, impression management, and implications for tourism recovery. Journal of Travel and Tourism Marketing, 38(8), 833–844. https://doi.org/10.1080/10548408.2021.1883499
Umeda. (2019). "Studi Eksploratif Strategi Presentasi Diri Remaja Akhir Di Instagram." PSIKOLOGI, 1–99.
Umeda. (2019). Studi Eksploratif Strategi Presentasi Diri Remaja Akhir Di Instagram. PSIKOLOGI, 1–99.
Usmani, M. (2020). The production of stand-alone sustainability reports: visual impression management, legitimacy and “functional stupidity.” Accounting Forum, 44(4), 315–343. https://doi.org/10.1080/01559982.2020.1782566
Wu, B. (2022). Substantial response or impression management? Compliance strategies for sustainable development responsibility in family firms. Technological Forecasting and Social Change, 174. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2021.121214
Yunita. (2018). "Self-Presentation Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta dan Universitas Pamulang) SKRIPSI." Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, 1–87.
Yunita. (2018). Self-Presentation Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta dan Universitas Pamulang) SKRIPSI. Ilmu Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 1–87.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Maygi Angga Kuswantoro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.